Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Minggu, 23 Juni 2013

Definisi Agama Kristen

| Minggu, 23 Juni 2013
Definisi Agama Kristen. Agama Kristen merupakan sebuah kepercayaan yang berdasarkan atas ajaran, hidup, sengsara, wafat, dan juga kebangkitan Yesus Kristus. "Kristen" adalah sebuah agama yang memercayai Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Mesias (juru selamat semua umat manusia dan yang menebus manusia dari perbuatan dosa. Gereja adalah tempat beribadah umat Kristiani dan Alkitab adalah kitab suci mereka.

Kristen adalah salah satu dari agama Abrahamik yang memercayai ajaran, hidup, kematian dengan cara penyaliban, serta kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga. Hal ini sesuai dengan penjelasan yang ada di dalam Perjanjian Baru, yaitu umat Kristiani sangat percaya Yesus itu adalah Mesias yang dinubuatkan di dalam Perjanjian Lama atau kitab suci Yahudi.

Pada dasarnya, Kekristenan itu bersifat monoteisme dan meyakini tiga pribadi (dalam bahasa Yunnani secara teknis disebut hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. Nah, Tritunggal ini untuk pertama kalinya dipertegas pada Konsili Nicea Pertama (325) dan dihimpun oleh seorang kaisar, yaitu Kaisar Romawi Konstantin I.

Penganut ajaran Kristen menyakini bahwa Yesus Kristus itu merupakan Tuhan dan juga sebagai juru selamat. Pemeluk ajaran tersebut sangat memegang teguh ajaran yang diajarkan oleh Yesus Kristus. Perlu diketahui bahwa dalam keyakinan Kristen, Yesus Kristus ini dianggap sebagai pendiri jemaat atau gereja serta kepemimpinan gereja yang sangat abadi.

Selain itu, penganut Kristen pun yakin bahwa Yesus akan datang lagi untuk kedua kalinya sebagai raja sekaligus hakim di dunia ini. Sama seperti agama Yahudi yang sangat menjunjung ajaran moral dan tertulis di dalam Sepuluh Perintah Tuhan. Sementara itu, kata kristen mengandung makna ‘pengikut Kristus’ atau ‘pengikut Yesus’. Para murid Yesus Kristus disebut dengan sebutan Kristen pertama kali saat mereka berkumpul di Antioka.

Setelah ditinggal Yesus, kepemimpinan umat digantikan berdasarkan penunjukan Petrus oleh Yesus. Lalu, setelah meninggalnya Petrus, kepemimpinan diganti lagi oleh uksup-uskup dan pemimpinnya adalah uskup Roma. Pengakuan iman para uskup tersebut dilakukan dengan menyebutkan kepercayaan kepada Allah Tritunggal yang Mahakudus.

Selanjutnya, berdasarkan sejarah, gereja Kristen pernah mengalami dua kali perpecahan besar. Perpecahan pertama terjadi pada 1054, yaitu antara Gereja Barat yang pusatnya di Roma (Gereja Katolik Roma) dan Gereja Timur (Gereja Ortodoks Timur) yang pusatnya di Konstantinopel atau kini disebut dengan Turki.
Lalu, perpecahan kedua terjadi pada 1517 yang terjadi antara Gereja Katolik dan Gereja Protestan. Perpecahan tersebut dipicu saat Martin Luther memprotes ajaran Gereja yang dianggapnya sudah menyimpang dari kebenaran. Kini, banyak denominasi atau kelompok keagamaan Gereja yang sadar bahwa perpecahan tersebut sebenarnya menyimpang dari pesan Yesus Kristus, yaitu mendoakan persatuan para pengikutnya.

Umat Kristiani adalah kelompok agama paling besar di dunia dengan jumlah penganutnya sekitar 2,2 miliar orang. Hal ini berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Pew Forum tentang Agama dan Kehidupan Publik. Pew Forum melakukan studi dengan mengumpulkan data jumlah serta distribusi geografis dari delapan kelompok agama utama, termasuk juga kelompok-kelompok yang tak memercayai agama apa pun.
Studi tersebut menyimpulkan bahwa umat Kristiani jumlahnya sekitar 32 persen dari total populasi dunia dan berada pada posisi pertama. Di posisi kedua, ditempati oleh umat Islam. Kelompok agama terbesar kedua ini berjumlah sekitar 1,6 miliar pengikut.

Lalu, kelompok terbesar ketiga ditempati agama Hindu dengan jumlah pengikut sekitar 1 miliar atau 15 persen dari populasi dunia. Setelah Hindu, ada umat Buddha yang berjumlah sekitar 500 juta pengikut atau sekitar 7 persen dari populasi dunia. Posisi terakhir ditempati oleh orang-orang Yahudi yang jumlahnya mencapai 14 juta pengikut atau 0,2 persen.

Related Posts