Kumpulan Artikel | Seputar Informasi | Media Terkini | Tips dan Trik

Minggu, 15 April 2012

Definisi Instrumen

| Minggu, 15 April 2012
Alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut alat musik. Namun, istilah ini umumnya diperuntukkan bagi perangkat ditujukan khusus untuk musik. Bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.

Musik berdasarkan sumber suara

  • Idiofon, adalah alat musik dari bahan-bahan sumber suara. Contoh: kolintang, drum, bongo, kabasa, angklung.
  • Aerofon, adalah alat musik dari sumber suara dalam aliran udara rongga. Contoh: seruling, terompet, harmonika, trombone.
  • Chordofon, adalah alat musik yang terdengar berasal dari string sumber. Contoh: bass, gitar, biola, gitar, sitar, piano, kecapi.
  • Membranofon, adalah sumber suara alat musik dari membran atau membranes.example: drum, drum, drum, tam-tam, rebana.
  • Elektrofon, adalah sumber suara alat musik listrik yang dihasilkan oleh (elektronik).Contoh: keyboard, gitar listrik, bass listrik.

Musik berdasarkan cara memainkan
Angin instrumen menghasilkan suara ketika kolom udara di dalamnya bergetar.Rendah frekuensi tinggi nada ditentukan oleh gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, alat-alat konstruksi dan bagaimana memproduksinya. Contoh instrumen ini adalah terompet dan suling.

Instrumen perkusi menghasilkan suara ketika menyerang atau dipukuli. Instrumen perkusi dibagi menjadi dua dan bernada melengking. Bentuk dan bahan bagian dari instrumen dan bentuk resonansi rongga, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan dari instruments.Examples adalah kolintang (bernada), drum (nada tidak), dan bongo (nada tidak).

Instrumen senar menghasilkan suara ketika senar yang bergetar dengan mencabut.Tinggi rendah nada yang dihasilkan dari panjang tali pendek.

Alat musik gesek menghasilkan suara ketika string yang digesek. Seperti alat musik petik, tinggi-rendah nada tergantung pada string panjang dan pendek.

Musik pers
Sebenarnya 'hit musik' tidak termasuk kategori mana pun. Tapi cara pers tampaknya menjadi bagian dari sistem menghasilkan bunyi yang diinginkan. Pers Musik memiliki tiga jenis: mendorong untuk memukul, memukul untuk meniup, dan menekan untuk mengaktifkan sistem elektronik. Jadi jika saya dapat dikategorikan, 'hit musik' antara lain piano akustik (chordofon pukul), organ akustik (aerofon), acordion (aerofon) dan alat musik elektronik yang menggunakan papan kunci (keyboard).
Elektronik instrumen musik

Alat musik elektronik menghasilkan suara tiruan dari instrumen asli (akustik). Istilah ini digunakan untuk musik yang menggunakan synthesizer keyboard (keyboard). Sedangkan instrumen listrik yang digunakan untuk alat musik dilengkapi dengan komponen elektronik. Alat ini mirip dengan cara bermain instrumen akustik. Sebagai contoh, gitar listrik, drum listrik, dan bass listrik.
Tunggal pita

Pesatnya perkembangan teknologi digital menyebabkan lahirnya alat-alat untuk menggunakan lebih efisien dan efektif sebagai single band alat musik. Alat ini sangat praktis karena dimainkan oleh satu orang. Di dalamnya ada ritme (gaya), berbagai suara, dan fasilitas rekaman sederhana. Yamaha menyebut perangkat ini dengan portasound (suara portabel). Sementara Roland disebut electone (nada listrik).

Harga murah dan efesiennya biaya, menyebabkan single band dewasa ini menjadi primadona bagi mereka yang ingin hiburan ekonomis praktis. Bila dibandingkan dengan band penuh yang memainkan minimal 4 orang ditambah sound system kuat, single band menjadi pilihan alternatif yang cukup terjangkau.

Related Posts